BAHAN AJAR

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas yang berisi seperangkat materi pembelajaran. Bahan yang dimaksud bisa berupa nahan tertulis maupun bahan tidak tertulis (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).

Bahan ajar menurut bentuknya
Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
Audio seperti: kaset, CD audio
Visual: foto, gambar, model/maket.
Audio Visual seperti: video/film,VCD
Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet

Bahan ajar menurut cara kerjanya— 
a.Bahan ajar yang tidak diproyeksikan, contoh: foto, diagram, display
b.Bahan ajar yang diproyeksikan, contoh: slide, filmstrips, overhead transparencies
c.Bahan ajar audio, contoh: CD player, kaset, flash disk
d.Bahan ajar video, contoh: video, film
e.Bahan ajar komputer, contoh: PPT

Bahan ajar menurut sifatnya
a.Bahan ajar berbasiskan cetak, contoh: buku, poster, pamflet
b Bahan ajar berbasis teknologi, contoh: film, video
c.Bahan ajar untuk praktik, contoh: lembar observasi, lembar wawancara
d.Bahan ajar untuk keperluan interaksi manusia, contoh:Hp, telepon

Bahan ajar berisi
a.Pengetahuan
b.Keterampilan
c.Sikap yang harus dipelajari untuk mencapai SK

Kedudukan bahan ajar dalam pembelajaran
Representasi dari penjelasan guru
Alat/sarana untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
Merupakan wujud pelayanan terhadap peserta didik

Tujuan bahan ajar

a.Membantu siswa dalam belajar
b.Menyediakan berbagai jenis pilihan bahan ajar
c.Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran
d.Agar pembelajaran menarik


Fungsi bahan ajar bagi guru

Menghemat waktu mengajar
Mengubah peran guru menjadi motivator
Meningkatkan proses pembelajaran
Pedoman bagi guru untuk mengarahkan proses pembelajaran
Sebagai alat evaluasi pencapaian hasil belajar


Fungsi bahan ajar bagi siswa
Dapat belajar tanpa harus didampingi guru
Dapat belajar kapan saja dan dimana saja
Dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing
Dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri
Meningkatkan kemandirian
Sebagai pedoman aktivitas dalam proses pembelajaran


Peranan bahan ajar
a.Mencerminkan suatu sudut pandang yang tajam dan inovtif mengenai pembelajaran
b.Menyajikan sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca, dan bervariasi sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik 
c.Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap
d.Menyajikan metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi peserta didik
e.Menjadi penunjang bagi latihan-latihan dan tugas praktis
f.Menyajikan bahan/sarana evaluasi dan remedial yang serasi dan tepat guna

Prosedur pengembangan bahan ajar
Memahami standar isi, SKL, silabus, prosem, RPP
Mengidentifikasi jenis materi pembelajaran
Melakukan pemetaan materi
Menetapkan bentuk penyajian
Menyusun struktur penyajian
Membaca buku sumber
Membuat draf bahan ajar
Merevisi bahan ajar
Mengujicoba bahan ajar
Merevisi dan menulis akhir (finalisasi)

Prinsip pengembangan bahan ajar
Relevansi 
Konsistensi
Adequasi (kecukupan)

Syarat bahan ajar yang baik
•Menyesuaikan dengan SKL
•Materi harus benar
•Tingkat keterbacaan baik, menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik
•Sistematika penyusunan harus jelas, runtut, lengkap, dan mudah dipahami
•Relevan dengan tujuan pembelajaran
•Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
•Menarik dan merangsang aktivitas siswa
•Bahan ajar yang disampaikan harus menyeluruh dan utuh

Bahan ajar modul
1.Self instructional
2.Self contained
3.Stand alone
4.Adaptif
5.User friendly
6.konsistensi

Bahan ajar LKS
•Terdapat kegiatan yang jelas
•Materi hanya berupa rangkuman
•Sederhana

Bahan ajar handout
•Ringkas
•Bahasa mudah dipahami
•Terdapat umpan balik
•Dapat menilai hasil belajar siswa

Bahan ajar poster
•Dapat dibuat pada berbagai media
•Sederhana
•Menyajikan 1 ide untuk mencapai 1 tujuan pokok
•Berwarna
•Slogan ringkas dan mengena
•Ulasannya jelas
•Motif dan disain bervariasi

Bahan ajar leaflet
•Bahasa mudah dimengerti
•Materi sesuai dengan Kompetensi Dasar
•Kebenaran materi
•Kalimat singkat, jelas, menarik

Bahan ajar video
•Mampu menggambarkan apa yang akan disampaikan
•Gambar, suara jelas
•Waktu tidak terlalu panjang
•Dapat mencapai ranah kognitif,afektif,psikomotorik

Video berasal dari bahasa latin, video-vidi-visumèmelihat, dapat melihat
Menurut KBBI, videoèrekaman gambar hidup atau program TV lewat tayangan pesawat TV
Video merupakan bahan ajar audio visual yang mengkombinasikan dua materi, yaitu materi visual dan materi auditif

Kelebihan video sebagai bahan ajar
•Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan
•Membangkitkan motivasi dan apresiasi
•Memberi pengalaman nyata
•Dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya jika dilihat secara langsung
•Dapat digunakan secara berkelompok maupun mandiri oleh siswa

Keterbatasan video
a.Memerlukan peralatan khusus
b.Penyusunan video memakan waktu yang lama
c.Biaya produksi video besar

Kriteria video pembelajaran
•Mampu menggambarkan apa yang akan disampaikan
•Gambar, suara jelas
•Waktu tidak terlalu panjang
•Dapat mencapai ranah kognitif,afektif,psikomotorik

Karakteristik video pembelajaran
a.Clarity of massage (kejelasan pesan)
b.Stand alone (berdiri sendiri)
c.User friendly (bersahabat/akrab dengan pemakainya)

Unsur-unsur bahan ajar video
•Judul
•Petunjuk belajar
•Kompetensi dasar/materi pokok
•Informasi pendukung
•Latihan
•Penilaian

Kualitas video
Desain/media
Materi
Pembelajaran
Bahasa

Contoh instrumen penilaian
A Unsur audio
1. kualitas dialog/narasi/suuara manusia
2. kualitas dan variasi sound effect
3. variasi fungsi audio (musik latar, transisi)
4. kualitas audio

B Unsur visual
1. kualitas objek
2. variasi setting
3. kualiitas pencahayaan
4. kualitas ukutan visual/shoot
5. variasi gerakan visual objek dan kamera
6. kualitas gambar
7. kualitas warna
8. kualitas video pembuka
9. hubungan video, narasi, dan musik latar
10. kualitas video penutup

C Unsur bahasa
1. kebakuan bahasa yang digunakan
2. keefektifan kalimat yang digunakan
3. kejelasan dan kelengkapan informasi yang disampaikan melalui bahasa dan kalimat
D Unsur pendukung
1. kualitas cover CD
2. kualitas editing dan mixing
3. kejelasan caption/teks
4. keseimbangan tata letak

Ahli materi
A Kejelasan tujuan pembelajaran
B Relevansi tujuan pembelajaran dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
C Interaktif
D Memotivasi siswa
E Kedalaman materi
F Mudah untuk dipahami
G Sistematis dan runtut
H Memiliki soal latihan
I Soal latihan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator


Komentar