Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang
digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar di kelas yang berisi seperangkat materi pembelajaran. Bahan yang
dimaksud bisa berupa nahan tertulis maupun bahan tidak tertulis (National
Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency
Based Training).
Bahan ajar menurut bentuknya
Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja
siswa, brosur, leaflet, wallchart,
Audio seperti: kaset, CD audio
Visual: foto, gambar, model/maket.
Audio Visual seperti: video/film,VCD
Multi Media: CD interaktif, computer Based,
Internet
Bahan ajar menurut cara kerjanya
a.Bahan ajar yang tidak diproyeksikan, contoh: foto,
diagram, display
b.Bahan ajar yang diproyeksikan, contoh: slide, filmstrips, overhead
transparencies
c.Bahan ajar audio, contoh: CD player, kaset, flash disk
d.Bahan ajar video, contoh: video, film
e.Bahan ajar komputer, contoh:
PPT
Bahan ajar menurut sifatnya
a.Bahan ajar berbasiskan cetak,
contoh: buku, poster, pamflet
b Bahan ajar berbasis teknologi, contoh: film, video
c.Bahan ajar untuk praktik, contoh: lembar observasi, lembar wawancara
d.Bahan ajar untuk keperluan interaksi manusia, contoh:Hp, telepon
Bahan ajar berisi
a.Pengetahuan
b.Keterampilan
c.Sikap yang harus dipelajari untuk
mencapai SK
Kedudukan bahan ajar dalam
pembelajaran
Representasi dari penjelasan guru
Alat/sarana untuk mencapai
kompetensi inti dan kompetensi dasar
Merupakan wujud pelayanan terhadap
peserta didik
Tujuan bahan ajar
a.Membantu siswa dalam
belajar
b.Menyediakan berbagai
jenis pilihan bahan ajar
c.Memudahkan guru dalam
melaksanakan pembelajaran
d.Agar pembelajaran
menarik
Fungsi bahan ajar bagi
guru
Menghemat waktu mengajar
Mengubah peran guru menjadi motivator
Meningkatkan proses pembelajaran
Pedoman bagi guru untuk mengarahkan proses pembelajaran
Sebagai alat evaluasi pencapaian hasil belajar
Fungsi bahan ajar bagi
siswa
Dapat belajar tanpa
harus didampingi guru
Dapat belajar kapan saja dan dimana saja
Dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing
Dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri
Meningkatkan kemandirian
Sebagai pedoman aktivitas dalam proses pembelajaran
Peranan bahan ajar
a.Mencerminkan suatu sudut pandang yang tajam dan inovtif mengenai pembelajaran
b.Menyajikan sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca, dan bervariasi sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik
c.Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap
d.Menyajikan metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi peserta didik
e.Menjadi penunjang bagi latihan-latihan dan tugas praktis
f.Menyajikan bahan/sarana evaluasi dan remedial yang serasi dan tepat guna
Prosedur pengembangan
bahan ajar
Memahami standar isi,
SKL, silabus, prosem, RPP
Mengidentifikasi jenis materi pembelajaran
Melakukan pemetaan materi
Menetapkan bentuk penyajian
Menyusun struktur penyajian
Membaca buku sumber
Membuat draf bahan ajar
Merevisi bahan ajar
Mengujicoba bahan ajar
Merevisi dan menulis akhir (finalisasi)
Prinsip pengembangan
bahan ajar
Relevansi
Konsistensi
Adequasi (kecukupan)
Syarat bahan ajar yang
baik
•Menyesuaikan dengan SKL
•Materi harus benar
•Tingkat keterbacaan baik, menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik
•Sistematika penyusunan harus jelas, runtut, lengkap, dan mudah dipahami
•Relevan dengan tujuan pembelajaran
•Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
•Menarik dan merangsang aktivitas siswa
•Bahan ajar yang
disampaikan harus menyeluruh dan utuh
Bahan ajar modul
1.Self instructional
2.Self contained
3.Stand alone
4.Adaptif
5.User friendly
6.konsistensi
Bahan ajar LKS
•Terdapat kegiatan yang jelas
•Materi hanya berupa rangkuman
•Sederhana
Bahan ajar handout
•Ringkas
•Bahasa mudah dipahami
•Terdapat umpan balik
•Dapat menilai hasil belajar siswa
Bahan ajar poster
•Dapat dibuat pada berbagai media
•Sederhana
•Menyajikan 1 ide untuk
mencapai 1 tujuan pokok
•Berwarna
•Slogan ringkas dan
mengena
•Ulasannya jelas
•Motif dan disain
bervariasi
Bahan ajar leaflet
•Bahasa mudah dimengerti
•Materi sesuai dengan Kompetensi
Dasar
•Kebenaran materi
•Kalimat singkat, jelas, menarik
Bahan ajar video
•Mampu menggambarkan apa yang akan disampaikan
•Gambar, suara jelas
•Waktu tidak terlalu panjang
•Dapat mencapai ranah kognitif,afektif,psikomotorik
Video berasal dari bahasa latin, video-vidi-visumèmelihat, dapat melihat
Menurut KBBI, videoèrekaman gambar hidup atau program TV lewat tayangan pesawat TV
Video merupakan bahan ajar audio visual yang mengkombinasikan dua materi, yaitu materi visual dan materi auditif
Kelebihan video sebagai
bahan ajar
•Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan
•Membangkitkan motivasi dan apresiasi
•Memberi pengalaman nyata
•Dapat menyajikan peristiwa yang berbahaya jika dilihat secara langsung
•Dapat digunakan secara berkelompok maupun mandiri oleh siswa
Keterbatasan video
a.Memerlukan peralatan khusus
b.Penyusunan video memakan waktu yang lama
c.Biaya produksi video besar
Kriteria video
pembelajaran
•Mampu menggambarkan apa yang akan disampaikan
•Gambar, suara jelas
•Waktu tidak terlalu panjang
•Dapat mencapai ranah kognitif,afektif,psikomotorik
Karakteristik video
pembelajaran
a.Clarity of massage
(kejelasan pesan)
b.Stand alone (berdiri sendiri)
c.User friendly
(bersahabat/akrab dengan pemakainya)
Unsur-unsur bahan ajar
video
•Judul
•Petunjuk belajar
•Kompetensi dasar/materi pokok
•Informasi pendukung
•Latihan
•Penilaian
Kualitas video
Desain/media
Materi
Pembelajaran
Bahasa
Contoh instrumen
penilaian
A Unsur audio
1. kualitas
dialog/narasi/suuara manusia
2. kualitas dan variasi
sound effect
3. variasi fungsi audio
(musik latar, transisi)
4. kualitas audio
B Unsur visual
1. kualitas objek
2. variasi setting
3. kualiitas pencahayaan
4. kualitas ukutan
visual/shoot
5. variasi gerakan
visual objek dan kamera
6. kualitas gambar
7. kualitas warna
8. kualitas video
pembuka
9. hubungan video,
narasi, dan musik latar
10. kualitas video
penutup
C Unsur bahasa
1. kebakuan bahasa yang
digunakan
2. keefektifan kalimat
yang digunakan
3. kejelasan dan
kelengkapan informasi yang disampaikan melalui bahasa dan kalimat
D Unsur pendukung
1. kualitas cover CD
2. kualitas editing dan
mixing
3. kejelasan
caption/teks
4. keseimbangan tata
letak
Ahli materi
A Kejelasan tujuan
pembelajaran
B Relevansi tujuan
pembelajaran dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
C Interaktif
D Memotivasi siswa
E Kedalaman materi
F Mudah untuk dipahami
G Sistematis dan runtut
H Memiliki soal latihan
I Soal latihan sesuai
dengan tujuan pembelajaran dan indikator
Komentar
Posting Komentar