Favites sp.

 Klasifikasi
Kingdom              : Animalia
Phylum                 : Cnidaria
Class                      : Anthozoa
Ordo                      : Madreporania
Family                   : Favidae
Genus                   : Favites
Species                 : Favites sp.



 Gambar


Favites sp.



Deskripsi
Favites sp. termasuk ke dalam filum Cnidaria karena memiliki bentuk tubuh yang radial/bilateral simetri, bersifat sessile, dan memiliki alat penyengat yang berada di ujung tentakel (cnidocytes), yang tersusun atas sel-sel penyengat yang disebut nematocyst. Favites sp. dimasukkan ke dalam kelas Anthozoa karena tubuh berbentuk bunga dan tidak memiliki fasi medusa dalam daur hidupnya. Favites sp. dikelompokkan ke dalam sub kelas Hexacorallia karena memiliki bentuk tubuh persegi enam (Budiantoro, 2016).
Cangkang Favites sp.  terbuat dari bahan kapur, bentuk karangnya membulat dan berkoloni. Tipe coralitnya cerioid, disebut demikian karena thecanya bergabung atau menyatu. Terdapat theca (bagiab terluar dari corallite), fossa, calyx (jarak antar theca), dan septum (sekat/dinding yang membagi bagian dalam calyx dalam beberapa bagian (Budiantoro, 2016).






DAFTAR PUSTAKA
Budiantoro, Agung. 2016. Petunjuk Praktikum Keanekaragaman Invertebrata dan Vertebrata. Yogyakarta. Laboratorium Fakultas MIPA Universitas Ahmad Dahlan.




Komentar