Clathria sp.

Klasifikasi
Kingdom              : Animalia
Phylum                 : Porifera
Class                      : Demospongiae
Ordo                      : Poecilosclerida
Family                   : Microcionidae
Genus                   : Clathria
Species                 : Clathria sp.

Gambar


                                                                       Clathria sp.
                                                       sumber : www.googleimages.com

 Deskripsi
Clathria sp. termasuk ke dalam filum Porifera karena memiliki bentuk tubuh yang asimetris, tubuhnya berlubang-lubang (berpori), dan memiliki saluran air yang terdiri dari ostium (tempat masuknya air), osculul (tempat keluar air). Clathria sp. dimasukkan ke dalam kelas Demospongiae karena memiliki sponges dengan sponging atau sponging-silika (Budiantoro, 2016).
Clathria sp. adalah salah satu spons merah atau orange bercabang seperti jari, setiap jari memiliki diameter sekitar 6mm. Membentuk koloni lebat yang bisa mencapai 20cm. Ada pori-pori yang tersebar diseluruh permukaan tubuh (Borneman, 2001)
Clathria sp. berwarna cokelat terang. Tubuhnya memiliki lubang besar yang disebut oskulum yang berfungsi sebagai keluarnya air dan ekskresi. Memiliki lubang kecil yang disebut ostium untuk masuknya air yang tersebar di sepanjang tubuhnya. Menempel pada substrat yang disebut basal disc. Memiliki tipe kanal leucon, yaitu tipe sisrem kanal yang memiliki desain paling rumit. Aliran air secara selektif dipompa melalui kanal yang berflagella (Borneman, 2001)


                                                        sumber : Budiantoro, 2016






DAFTAR PUSTAKA
Borneman, E. H. 2001. Aquariumcorals : selection. Husbandry, and Natural History . New York : W. H. Fressmand and Company.
Budiantoro, Agung. 2016. Petunjuk Praktikum Keanekaragaman Invertebrata dan Vertebrata. Yogyakarta. Laboratorium Fakultas MIPA Universitas Ahmad Dahlan.


Komentar