Taksonomi Tumbuhan

Alam tumbuhan yang ditaksir meliputi 300.000 jenis tumbuhan itu dalam klasifikasinya dibagi-bagi menjadi sejumlah divisi. Tiap divisi seterusnya berturut-turut dibagi lagi dalam takson yang lebih rendah, yaitu kelas, bangsa, suku, marga, dan jenis. Masing-masing diberi nama sesuai dengan ketentuan ketentuan yang dimuat dalam Kode Internasional Tata Nama Tumbuhan, yang selain sebagai sarana referensi sekaligus memberikan indikasi untuk kategori takson yang mana nama-nama tersebut dimaksudkan.

Walaupun dalam abad ke-20 ini para ahli taksonomi pada umumnya menganut sistem filogenetik, namun dalam penerapannya hasil klasifikasi mereka masih berbeda-beda. Yang dipilih disini ialah sistem filogenetik yang membagi alam tumbuhan menjadi lima divisi, yaitu :

  1. Tumbuhan belah (Schizophyta), yang meliputi lebih kurang 35.000 jenis tumbuhan.
  2. Tumbuhan talus (Thallophyta), yang meliputi lebih kurang 60.000 jenis tumbuhan.
  3. Tumbuhan lumut (Bryophyta), yang meliputi lebih kurang 25.000 jenis tumbuhan.
  4. Tumbuhan paku (Pteridophyta), yang meliputi lebih kurang 10.000 jenis tumbuhan.
  5. Tumbuhan biji (Spermatophyta), yang meliputi lebih kurang 170.000 jenis tumbuhan.
Dari data diatas dapat kita ketahui bahwa golongan tumbuhan biji adalah yang paling banyak terdapat di bumi kita. Karena tumbuhan ini juga mempunyai tubuh yang besar, sehingga mudah dikenal, maka tidak heran bahwa anggota divisi itu yang paling banyak menarik perhatian. Bila orang berbicara tentang tumbuhan, asosiasinya hampir selalu kepada kelompok ini sampai kadang-kadang kita lupa bahwa masih ada kelompok-kelompok tumbuhan yang lain. Selain banyaknya jenis, tumbuhan biji pada zaman ini juga mempunyai populasi yang paling besar, sehingga zaman sekarang ini disebut pula zaman tumbuhan biji. Di masa-masa yang lalu kelompok-kelompok yang lain pernah "merajai" bumi kita ini., sehingga orang dapat menyebut tentang zaman ganggang (Algae, suatu bagian divisi tumbuhan talus), zaman lumut, zaman paku, dan seterusnya.



Dari angka-angka yang menunjukkan jumlah jenis tumbuhan yang tergolong dalam kelompok tersebut, tidak terlalu sulit kiranya untuk mengambil kesimpulan, bahwa sebagian besar anggota-anggota kelompok yang pernah merajai bumi kita ini, sekarang sudah punah.

Komentar